TEAM WORK AND TEAM BUILDING


PENDAHULUAN

Kerjasama dan membangun tim kerja merupakan cara terbaik untuk meningkatkan productivitas kerja, mencapai target secara optimal, membangun motivasi kerja dan rasa memiliki, menjamin keberlangsungan usaha. Masalahnya yang terjadi adalah  kerap kali terjadi konflik kepentingan dari para anggota tim yang justru menurunkan produktivitas dan daya saing usaha, mereka memiliki visi dan misi sendiri sendiri, tidak terjalin ikatan budaya kerjasama yang kuat antara pemimpin dan anggota yang dipimpinnya.

TUJUAN DAN MANFAAT

  1. Memberikan pengetahuan mengenai beberapa hal teoritis terkait dengan konsep dan berbagai tipe pribadi, karakter pribadi, konsep kerjasama dan  membangun tim kerja yang solid.
  2. Memberikan  keterampilan  dalam melakukan identifikasi tipe pribadi diri sendiri dan tipe pribadi anggota kelompoknya serta keterampilan dalam melakukan interaksi dan komunikasi secara efektif dalam bekerjasama.
  3. Membentuk kerjasama dan semangat tim kerja yang baru.
  4. Peserta pelatihan mendapatkan profil assesment
  5. Perusahaan mendapatkan laporan copy profil assessment peserta yang akan dikirmkan dalam waktu 14 hari setelah pelatihan.
POKOK BAHASAN

  1. Mengenal Personalitas
  2. 4 Gaya Tipe & Karakter Diri
  3. Grup Work :  Memahami  Tipe Pribadi Diri Sendiri
  4. Teknik V.A.K dalam mengenal personalitas
  5. Assessment  Tipe Pribadi ( DISC)
  6. Grup Work : Analisa Hasil Tes peserta
  7. Memahami Kelebihan dan Kekurangan Tipe pribadi Dominannce, Influence,  Steadiness,  Complecent
  8. Grup Work : Memahami Tipe Pribadi Anggota Tim ( bawahan dan rekan kerja)
  9. Manajemen Interaksi & Komunikasi
  10. Etika dan budaya kerjasama   
  11. Assessment  Work Competency 
  12. Grup Work : Forming – Norming – Performing A new team spirit
METODA PELATIHAN

Pelatihan ini akan sarat dengan pembahasan konsep dan teknik-teknik evaluasi dan pengukuran untuk tiap aspek kompetensi kepemimpinan disertai contoh penerapannya dalam praktek untuk meningkatkan efektivitas pelatihan adapun metoda tersebut meliputi:

  1. Pemahaman Konsep
  2. Diskusi Kelompok
  3. Assessment
  4. Permainan Edukatif
  5. Umpan Balik
  6. Profile report 
KEUNGGULAN PROGRAM  

  • Menggunakan metoda assessment centre terstandar yang telah kami aplikasikan dalam jasa  assessment centre bagi seluruh klien kami didalam pengembangan karir mereka.
  • Pelatihan ini akan menggunakan 2 tools Assessment &  Feedback yang meliputi profile sebagai berikut  : 
1.    DISC Personality Profile
2.    Soft  competency profile

  • Setiap peserta akan mengikuti  evaluasi pengukuran dan feed back secara langsung sehingga peserta akan lebih mudah untuk mengembangkan diri bersama kelompoknya.
  • Perusahaan juga akan memperoleh copy laporan assessment setiap peserta yang, dimana laporan tersebut bermanfaat untuk pengembangan karir, dengan demikian biaya pelatihan menjadi lebih efektif oleh karena sudah termasuk biaya assessment. Adapun laporan hasil assessment akan diberikan 14 hari setelah pelatihan.
FASILITATOR

Ijan Damurijan, Drs. Psi., MM.


Latar belakang pendidikan profesi Psikolog Industri dan Organisasi sejak Thn.1990, selama menyelesaikan pendidikan profesi psikolog mendapat beasiswa atas prestasi akademis dari PT. KALBE FARMA. Beliau melanjutkan pendidikan S-2 pada tahun 1998, meraih gelar Magister Manajemen (MM) dengan predikat Cum Laude dari INSTITUT BISNIS NUSANTARA (d/h STIE GUNUNG SEWU).  Sedangkan sebagai seorang praktisi, beliau memiliki keahlian dalam bidang manajemen sumber daya manusia dan organisasi selama hampir 25 tahun. Awal karir di mulai sebagai Peneliti selama 10 tahun  di PT. Kalbe Farma dan 15 tahun terakhir mendalami bidang pelatihan dan pengembangan organisasi, dibeberapa perusahaan seperti PT. Nestle Indonesia, PT.  Elnusa Tbk., PT. Tigaraksa,Tbk. dan pada saat ini sebagai Managing Director PT. Staffindo Dinamika Mandiri, yang didirikan sejak tahun 2000.

Telah memberikan konsultasi dan pelatihan untuk lebih dari 120 perusahaan terkemuka, BUMN, PMA, PMDN dari berbagai sektor seperti Oil & Gas, Mining, Consumer Goods, Chemical & Pharmacy, Banking & Insurance,  Sales & Distribution, Automotive Manufacturing antara lain:  Antam, Tbk., AKR,Tbk, Infomedia, Unilever Mfg, Cadbury Mfg,  Indonesia Chemical Alumina, Kurita Chemical, Adhisata/Allianz, Fortune Star, ABA/Toyota, JIC/Sanyo, Masaro/Motorilla, Hero Tbk, TRAC (Astra), dll.