LEADERSHIP COMPETENCY DEVELOPMENT WORKSHOP AND ASSESSMENT

PENDAHULUAN


“Leadership Is The Ability To Decide What Is To Be Done,
And Then To Get Others To Do It”
( Dwight.D.Eisenhower).


Setiap jenis sumber daya manajemen memerlukan pemeliharaan agar dapat memberikan nilai tambah secara berkelanjutan bagi pertumbuhan usaha. Sumber daya yang tidak terpelihara dengan baik tentu akan menimbulkan kerugian bagi organisasi. Human Capital merupakan sumber daya terpenting dimana memerlukan adanya pemeliharaan sepanjang usia kerja karyawan. Pada hakekatnya setiap pemimpin memiliki tanggungjawab dalam memelihara sumber daya manusia. Fungsi kepemimpinan merupakan bentuk pemeliharaan karyawan agar karyawan dapat memberikan nilai tambah secara optimal, untuk itu diperlukan pengetahuan, keterampilan dan keteladanan sikap bagi setiap pemimpin didalam memelihara sumber daya manusia atau karyawan bawahannya. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami menawarkan program pelatihan Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan (Leadership Competency Development) dimana kami menggunakan Accelarated Learning Methodology dengan menerapkan metoda Workshop and Assessment Competency Based.

TUJUAN PELATIHAN

Tujuan Pelatihan adalah untuk mengembangkan kompetensi ( pengetahuan, keterampilan dan keteladanan ) seorang pemimpin agar mampu meningkatkan efektivitas dalam memimpin manusia maupun dalam memimpin tugas melalui pembentukan karakter kepemimpinan secara terarah dan terukur, antara lain untuk  :

  1. Memahami kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin
  2. Meningkatkan keterampilan membangun kerjasama    
  3. Meningkatkan keterampilan dalam melakukan  interaksi dan komunikasi
  4. Meningkatkan keterampilan dalam memberikan motivasi kerja kepada bawahan
  5. Meningkatkan keterampilan problem solving dan decission making
  6. Mampu menerapkan gaya kepemimpinan situasional secara efektif
  7. Meningkatkan keterampilan coaching dalam penilaian kerja
TARGET PESERTA

Setiap posisi yang memiliki fungsi memelihara sumber daya manusia secara langsung (bawahan) maupun secara tidak langsung ( melakukan koordinasi ), seperti Manager, Supervisor dan calon Manager/Supervisor, Koordinator Proyek,  maupun Staff fungsional yang  melakukan koordinasi dengan pelanggan internal maupun  pelanggan ekstrenal.

MATERI YANG DIPELAJARI

Pelatihan pengembangan kompetensi kepemimpinan ini bukan pelatihan kepemimpinan biasa  seperti yang seringkali dilakukan oleh penyelenggara pelatihan pada umumnya. Pelatihan ini akan lebih banyak memfokuskan pada  pengembangan kompetensi kepemimpinan dan pengukuran skala kompetensi melalui kombinasi metoda workshop dan cognittive-behavior assessment.

Pelatihan ini akan mempelajari topik-topik dibawah ini :

  1. MANAJEMEN PERUBAHAN
  2. KOMPETENSI DASAR SEORANG PEMIMPIN  
  3. KERJASAMA TIM
  4. KOMUNIKASI
  5. MOTIVASI KERJA
  6. TIPE KEPRIBADIAN
  7. GAYA KEPEMIMPINAN
  8. PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
METODA PELATIHAN

Pelatihan ini akan sarat dengan pembahasan konsep dan teknik-teknik evaluasi dan pengukuran untuk tiap aspek kompetensi kepemimpinan disertai contoh penerapannya dalam praktek untuk meningkatkan efektivitas pelatihan adapun metoda tersebut meliputi:

  1. Pemahaman Konsep
  2. Diskusi Kelompok
  3. Assessment Centre
  4. Studi Kasus Bisnis
  5. Permainan Edukatif (Quiz)
  6. Umpan Balik
  7. Profile report 
KEUNGGULAN PROGRAM  

  • Menggunakan metoda assessment centre terstandar yang telah kami aplikasikan dalam jasa  assessment centre bagi seluruh klien kami didalam pengembangan karir mereka.
  • Pelatihan ini akan menggunakan 7 tools Assessment &  Feedback yang meliputi profile sebagai berikut  : 
1.       Changing Awareness Index  
2.       Managerial Competency Profile
3.       Leadership Style
4.       Problem Solving & Decision Making Style
5.       DISC Personality Profile
6.       Motivation Index
7.       Performance Appraisal  Coaching l Index  

  • Setiap peserta akan mengikuti  evaluasi pengukuran dan feed back secara langsung mengenai karakter kepemimpinan sehingga peserta akan lebih mudah untuk mengembangkan karakter kepemimpinan secara terarah terhadap aspek kompetensi kepemimpinan tertentu yang belum  memenuhi standar.
  • Selain setiap peserta akan mendapat umpan balik sebagai metoda pembelajaran cepat, sehingga terjadi perubahan prilaku secara langsung dan mendasar.
  • Perusahaan juga akan memperoleh laporan assessment yang berisikan  7 profile diatas untuk setiap peserta, dimana laporan tersebut bermanfaat untuk pengembangan karir, dengan demikian biaya pelatihan menjadi lebih efektif oleh karena sudah termasuk biaya assessment dan report senilai  Rp. 2.000.000,- . Adapun laporan hasil assessment akan diberikan 14 hari setelah pelatihan.



Pelatihan dilakukan oleh Tim Trainer Staffindo dan dengan Instruktur Utama :

Ijan Damurijan, Drs. Psi., MM.


Latar belakang pendidikan profesi Psikolog Industri dan Organisasi sejak Thn.1990, selama menyelesaikan pendidikan profesi psikolog mendapat beasiswa atas prestasi akademis dari PT. KALBE FARMA. Beliau melanjutkan pendidikan S-2 pada tahun 1998, meraih gelar Magister Manajemen (MM) dengan predikat Cum Laude dari INSTITUT BISNIS NUSANTARA (d/h STIE GUNUNG SEWU).  Sedangkan sebagai seorang praktisi, beliau memiliki keahlian dalam bidang manajemen sumber daya manusia dan organisasi selama hampir 25 tahun. Awal karir di mulai sebagai Peneliti selama 10 tahun  di PT. Kalbe Farma dan 15 tahun terakhir mendalami bidang pelatihan dan pengembangan organisasi, dibeberapa perusahaan seperti PT. Nestle Indonesia, PT.  Elnusa Tbk., PT. Tigaraksa,Tbk. dan pada saat ini sebagai Managing Director PT. Staffindo Dinamika Mandiri, yang didirikan sejak tahun 2000.

Telah memberikan konsultasi dan pelatihan untuk lebih dari 120 perusahaan terkemuka, BUMN, PMA, PMDN dari berbagai sektor seperti Oil & Gas, Mining, Consumer Goods, Chemical & Pharmacy, Banking & Insurance,  Sales & Distribution, Automotive Manufacturing antara lain:  Antam, Tbk., AKR,Tbk, Infomedia, Unilever Mfg, Cadbury Mfg,  Indonesia Chemical Alumina, Kurita Chemical, Adhisata/Allianz, Fortune Star, ABA/Toyota, JIC/Sanyo, Masaro/Motorilla, Hero Tbk, TRAC (Astra), dll.