CONSULTATIVE SELLING SKILLS

TUJUAN PELATIHAN :
• Meningkatkan pemahaman dan kesadaran yang tinggi terhadap pekerjaan seorang petugas penjualan. Dengan cara melakukan langkah langkah efektif dalam penjualan.

• Meningkatkan kemampuan komunikasi efektif, kemampuan membuat analisa kebutuhan customer, strategi pemahaman terhadap faktor faktor yang mempengaruhi proses penjualan, dan mengatasi hambatan yang timbul.

• Meningkatkan profesionalisme bekerja melalui pengetahuan dan ketrampilan guna mencapai target perusahaan.

RINGKASAN MATERI :
 
Tujuan dan Pengenalan
 
Penjelasan singkat tujuan pelatihan, metode yang akan digunakan, outline dan topik yang akan dipelajari. Diskusi singkat harapan dan keinginan peserta pelatihan.

Tahapan dalam proses penjualan
Penjelasan dasar dalam tahap proses penjualan agar kunjungan yang dilakukan dapat efektif. Pembahasan studi kasus untuk memberikan suatu gambaran yang nyata dalam melakukan sales proses. Analisa diri dalam melakukan penjualan secara konsultatif.

Menciptakan kesan pertama dalam penjualan
Untuk dapat memberikan dampak pertama dalam melakukan prospecting diperlukan ketrampilan pendekatan. Pendekatan yang salah dapat berakhir dengan kesalahan. Dalam tahapan ini diperlukan ketrampilan mengenal personalitas customer. Cara untuk mengatasi “no trust barrier”.

Fact Finding melalui kominaksi efektif
Ketrampilan komunikasi dalam menggali informasi kebutuhan dan keinginan dari prospek. Sehingga dari informasi yang ada dapat memberikan solusi kepada prospek. Dalam tahapan ini dipelajari ketrampilan dalam melakukan pendekatan melalui teknik bertanya. FOC (Fact-Opinion-Change) question.

Menyajikan Solusi dan presentasi
Teknik mempresentasikan solusi dengan melalui analisa argumentasi dari produk/jasa agar manfaat yang diterima prospek sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Menangani keberatan
Mengapa keberatan dapat terjadi? Dan bagaimana reaksi pada saat mendapat keberatan. Cara cara yang seharusnya dilakukan dalam menangani keberatan. Sehingga keberatan yang timbul dapat menjadi suatu penjualan. Cara untuk mengatasi “no action barrier”.

Teknik negosiasi penjualan dan mendapatkan komitmen
Kiat kiat untuk dapat menutup penjualan ataupun mendapatkan komitmen dari prospek dengan metode Closing teknik.

Membuat rencana tindakan
Untuk memastikan tindakan tindakan yang harus dilakukan setelah mengikuti program, agar training yang diberikan dapat berjalan lebih effective. Dan dapat diimplementasikan didalam pekerjaan.

Rangkuman dan Penutup
 
METODE YANG DIGUNAKAN :
• Ceramah
• Diskusi
• Role play

SASARAN PESERTA :
• Sales Representatif, Account Officer, Marketing Excecutife, Sales Manager, ataupun orang yang sering terlibat dalam memberikan/melakukan penjualan.

JUMLAH PESERTA :
• Maximun16(enam belas) peserta dalam 1 (satu) group, Hal ini untuk menjamin partisipasi interaktif, focus dan perhatian peserta tidak terpecah.

LAMA PROGRAM :
2 (dua) hari (16 jam efektif)